Persamaan, Perkiraan, dan Siklus Akuntansi

By: Shinta Doriza, S.Sos, M.S.E., M.Pd. (Dosen Jurusan IKK-FT-UNJ)

Pertemuan: 3 Maret 2008 (Dari Berbagai Sumber)

 

PERSAMAAN AKUNTANSI

 

Merupakan hubungan antara aktiva, kewajiban, dan modal yang dinyatakan dalam suatu persamaan dasar akuntansi:

 

Aktiva = Kewajiban + Modal

 

Setelah dimasukkan unsur pendapatan dan modal maka menjadi

 

Aktiva = Kewajiban + Modal + Pendapatan – Beban

 

Aktiva + Beban = Kewajiban + Modal + Pendapatan

 

 

 

Aktiva

 

  • Biasa disebut: harta
  • Merupakan: 
    • kekayaan yang dimiliki perusahaan
    • sumber daya bagi perusahaan untuk melakukan usaha

 

Kewajiban

  • Biasa disebut: Hutang
  • Adalah sumber pembelanjaan perusahaan yang berasal dari kreditur

 

Modal

Merupakan sumber pembelanjaan perusahaan yang berasal dari pemilik

 

 

Pendapatan  

 

  • Adalah jumlah yang dibebankan kepada langganan untuk barang dan jasa yang dijual
  • Sebagai kenaikan bruto dalam modal atau diterimanya suatu aktiva dari langganan yang berasal dari barang dan jasa yang dijual

 

 

Beban

     Adalah penurunan dalam modal pemilik, biasanya melalui pengeluaran uang atau penggunaan aktiva yang terjadi sehubungan dengan usaha untuk memperoleh pendapatan

 

 

 

PERKIRAAN AKUNTANSI 

  • Adalah formulir untuk mencatat dan melakukan klasifikasi terhadap persamaan akuntansi menurut sifat-sifatnya sebagai aktiva, kewajiban, modal, beban, dan pendapatan.
  • Berdasarkan bentuk terdiri dari:
    • Sisi sebelah kiri, disebut: Debet (aktiva+beban)
    • Sisi sebelah kanan, disebut: Kredit (kewajiban+modal+pendapatan)
  • Terdapat aturan Debet dan Kredit
  • Artinya: penambahan atau pengurangan yang terjadi dalam perkiraan dapat dinyatakan dalam debet atau kredit.
  • Jumlah penambahan yang dicatat dalam suatu perkiraan biasanya sama atau lebih besar dari jumlah pengurangannya, sehingga saldo normal semua perkiraan adalah positif 
  • Terdiri dari:
    • Perkiraan Riil 
      • Disebut: Perkiraan Neraca
      • Terdiri dari: Aktiva, Utang, dan Modal
    •  Perkiraan Nominal 
      • Disebut: Perkiraan Rugi Laba
      • Terdiri dari: Beban dan Pendapatan 


SIKLUS AKUNTANSI

  • Merupakan tahapan urutan transaksi dan peristiwa kegiatan akuntansi dari awal sampai akhir periode akuntansi secara tidak terputus. 
  • Terdiri dari:
    • Tahap Pencatatan: Dokumen transaksi, Jurnal, Buku besar, dan Neraca saldo
    • Tahap pengiktisaran: Ayat jurnal penyesuaian, Jurnal pembalik, dan Neraca lajur
    • Tahap Pelaporan: Laporan keuangan, Jurnal penutup, dan Neraca saldo setelah penutupan

 

Dokumen transaksi

 

  • Merupakan: langkah awal siklus akuntansi
  • dokumen yang berupa transaksi dan peristiwa yang terjadi yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan, misal: bon, kuitansi, formulir, dll.

 

 

Jurnal

  •  Adalah buku harian untuk mencatat transaksi keuangan menurut urutan tanggal ke dalam kelompok akun debet dan akun kredit.
  •  Mengapa diperlukan? Karena dengan jurnal sudah lebih dulu
    • dianalisa apakah itu akan berakibat bertambahnya atau berkurangnya satu atau lebih perkiraan
    • dianalisa jumlah yang harus dicatat kepada satu perkiraan atau lebih
    • dianalisa apakah satu/atau lebih perkiraan di Debet atau Kredit
    • dianalisa bahwa akibatsuatu transaksi jumlah jangka Rupiah yang harus di Debet dengan yang harus di Kredit harus sama
    • dapat dibuatdapat dibuat tanda/reference bahwa suatu jumlah telah diposting ke perkiraan yang sesuai dengan di buku besar. Sesuai dengan nomor perkiraan

 

Buku Besar

  • Merupakan daftar transakasi secara kronologis yang berupa pengelompokkan masing-masing perkiraan.
  • Proses pengelompokkan akun dari jurnal ke buku besar disebut posting

 

Neraca Saldo

  • Merupakan pengelompokkan saldo akhir didalam buku besar
  • Fungsi: mengevaluasi adanya kesalahan posting atau penjurnalan melalui ketidaksamaan antara debet dan kredit.

 

Ayat Jurnal Penyesuaian (AJP) 

  • Memerlukan konsep penandingan yang mendukung pelaporan pendapatan dan beban terkait dalam periode yang sama.
  • Melibatkan sekurang-kurangnya satu perkiraan laba/rugi dan satu perkiraan neraca.
  • Misal: proses biaya menjadi beban

 

Jurnal Pembalik

Diperlukan untuk menghindari pengakuan pendapatan dan beban berganda karena penyusunan AJP. 

Neraca Lajur

  •  Merupakan langkah optional untuk membantu penyusunan laporan keuangan.
  •  Terdiri dari 10 kolom, yaitu: neraca saldo, ajp, neraca saldo setelah penyesuaian, laporan l/r, neraca; masing-masing terdiri dari sisi debet dan kredit

 

Laporan Keuangan

Disusun berurutan dari laporan l/r, laporan perubahan modal, neraca, arus kas guna menjelaskan keterkaitan antara laporan keuangan.

 

Jurnal Penutup

 

  • Diperlukan untuk menihilkan nilai perkiraan pada kelompok: penghasilan, beban, ikhtisar l/r, dan prive; pada awal periode berikutnya sehingga dapat menggambarkan kinerja perusahaan masing-masing periode.

 

Neraca Saldo Setelah Penutupan

Berisi perkiraan riil (perkiraan yang dilaporkan neraca) yang tidak dinihilkan.

 

 

About these ads

40 Comments »

  1. athiyah amelia said

    Jurnal pembalik
    “Diperlukan untuk menghindari pengakuan pendapatan dan beban berganda karena penyusunan”
    Apakah maksud dari kalimat di atas adalah untuk mengecek penyusunan pendapatan yang ganda atau berlebihan dalam laporan keuangan?

  2. Ika Fauziah said

    Apa yang dimaksud dengan pengertian prive?

    Prive merupakan pengambilan modal yang dilakukan oleh pemilik.

  3. nana said

    bu…
    contoh bisnis plan gmn c bu?
    makasih sblmnya^,^

  4. risa said

    bu, saya minta contoh kegiatan pencattan bukti transaksi ke jurnal sampai ke neraca saldo setelah penutupan, tolong kirimkan ke alamat email ini ya.. itupun jika ibu berkenan. sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  5. yeni said

    bu,,saya minta contoh kegiatan pencatatan bukti transaksi ke jurnal sampai ke jurnal pembalik(siklus akuntansi secara detail..)klo bisa ibu tampilkan di dalam blog ibu…

  6. mideta said

    hmmm. bgmana jika suatu perusahaan meminjam uang dibank untuk membayar utang kpd kreditur. bgmana persamaan ny?

  7. rastafaram said

    Bu….tolong dong
    saya minta semua perkiraan dalam akuntansi
    rasanya ad 100 perkiraan ya….
    rastafaram@yahoo.co.id

  8. Bu mohon bantu saya menyelesain tugas ini,terimakasih banyak sebelum nya salam,
    Angap saja Perusahaan memberi taksiran dari peralatan kantor adalah 5 th,metode yang di gunakan perusahaan dengan membagi harga perolehan dengan taksiran masa manfaat 5 th.
    Pembelian aktifa tetap pada tanggal 1s/d 15 setiap bulan nya di anggap pembelian pada awal bulan berikut

    Pembelian peralatan kantor di lakukan pada tanggal 15 Desember 1999

    Berapa beban penyusutan nya ?

    Dan bagaimana pula dengan AJP nya

    email saya, mendrison@indosat.com

  9. bagaimana memposting dari jurnal ke buku besar soal ini : pada tgl03-01-2008 telah selesai dilakukan service seharga 3000000 dibayar tunai 2500000
    pada tgl 31-01-2008 menerima penghasilan service 4200000 dan hasil penagihan service 500000

  10. luna said

    AJP payah

  11. Rani said

    buk ada gak contoh soal perkiraan jilid 1

  12. merry said

    pagi Bu,,,tolong saya dong,
    saya bingung tentang Jurnal pembalik dan cara penyelesaiannya, tolong ya bu saya bingung banget,bales ke email saya ya bu, saya berharap ibu memberikan solusinya,terimakasih banyak!
    e_mei_can@yahoo.com

  13. eko mulyadi said

    saya mahasiswa di sebuah sekolah tinggi di kota depok , saya sudah semester v jurusan komputer akuntasi pajak . namun sampai saat ini saya masih sangat dangkal dalam pemahaman ilmu akuntansi,,,gimana ya caranya agar saya dapat dengan mudah memahami ilmu akuntansi….

  14. ika said

    Bu, saya minta tolong kirimkan Ke email ini Contoh kasus penyelesaian siklus akuntansi mulai dari bukti transaksi sampai jurnal balik perusahaan manufaktur atau PT .Terima kasih sebelumnya

  15. gaga said

    bu kalau contoh p/l neraca hpp perusahaan batubara gimana?

  16. rika said

    bu tolong dong dikirimin contoh soal siklus akuntansi dari jurnal bukti transaksi sampai jurnal balik, untuk PT yg jenis usahanya manufaktur. tolong dikirim ke alamat ini ya bu secepatnya
    makasi…

  17. sony said

    bu..tolong donk…minta no perkiraan akuntansi …atau ref..
    yang komplit..mulai dari nomber kas’nya…dan penjelasannya..
    di tunggu secepat’nya..
    terima kasih

  18. wulan said

    assalamu’alaikum
    bu, blh mnt tlng ya…..
    saya bekerja di perusahaan agen pesawat berbntk PT. nah saya bkrj d bg. accountingnya.
    saya sedang berusaha untuk membuat siklus akuntansinya, minta tolong untuk dibuatkan neraca saldo sama lap.laba/rugi
    terima kasih….

  19. imam fathoni said

    Bu. Minta tolong caranya buat AJP setelah ada nya neraca saldo gimana ya, saya masih bingung..AJP ini di khusus kan Akun apa saja?
    Mohon kirim contoh kasus nya ke alamat email saya imam_fathonie@yahoo.co.id makasih…

  20. pryx said

    sy mau tanya apa beda harga pokok dengan beban pokok, dan apa beda biaya dengan beban pokok.

    nah sya lihat di rumus akuntansinya kok kata aktiva yg dipakai bukannya harta, karena kn aktiva = passiva, sedangkan beban msk dlm gol aktiva, mengapa di pisah dlm menjadi bg tersendiri, tlg penjlasnnya
    thanks

  21. sherly angela said

    bu…toLong donk…sebutin minimal 50 yang termasuk dalam perkiraan neraca ???jg 50 yang termasuk dalam perkiraan laba rugi ????

  22. pita said

    bu, sya mw tnya apa2 sja yang ter masuk dalam perkiraan (adjustment), closing, n revershing,serta contohnya..
    sebelum dan sesudahnya sya ucapkan terimahkasi..

  23. ayu said

    bu,saya mau tanya bagaimana pemahaman akuntansi dengan ringkas?..karena ilmu yang saya dapat selama kuliah kok masih sulit dimengerti..takutnya kalo sudah masuk dunia kerja saya tidak begitu paham..terima kasih

  24. Busro w said

    Bu, sy prnh kul d3 KA, lls 2002. Tp krj dilab kimia or persh jasa. Saat m’htng hppenjln misalya, harga analisa protein dlm makanan/susu atasan sy m’htgnya . Hp pjln= by bhn kimia + by deprs total pembelian lab dan sw gdg + fix cost (biaya adm, gaji, lstr dll ). Tp nilai ttl depr dan fix cost dibagi ..?..shg dibebankan per pengujian. Apakah cara spt ini sdh bnr ? Seingat sy sblm mntkan hppenjn hrs m’htg hp prod=by bhn kimia+ BTKL + BOP peralatn dan reprsi. dr situ br + by adm+sales dll. Mana yang benar m’ingat km psh jasa bkn Mnfctr. Atau kalo bs ibu bs ksh contoh p’htgn saling price produk jasa spt kami. Krn km sdg mnyusun lap harga analisa per parameter ke manajemen. Maaf kalo disngkat2 soalya dr hp. Atas bantuanya saya ucapkan bnyk trm ksh.

  25. bustani said

    ibu.. tolong buatkan contoh perkiraan kegiatan akuntansi perusahaan dagang dan jasa mulai pencatatan transaksi sampai dengan neraca saldo setelah penutupan..thanks banget ya bu.
    tolong kirimkan ke alamat ini ya bu: bustani1993@gmail.com

  26. bustani said

    ibu..
    tolong buatkan perkiraan pengelolaan kartu aktiva tetap???
    thanks bu..
    mohon kirimkan ke bustani1993@gmail.com

  27. faza said

    hahaha………………NICE……………….

  28. AMINSYAH said

    SALAM KENAL!? BPAK/BU TOLNG DUNK..SAYA LG KULIAH NGAMBIL SI AKUNTANSI, TP SAYA BINGUNG MAU BGAIMANA CARA, TLNG DUNK PAK/BU KRIM KAN SEGALA BENTUK TRANSAKSI ATAU MODULNYA LAH MASALAH AKTIFITAS AKUNTANSI..KALAU BERKENAN SAYA TUNGGU DEMI BGSA DAN NEGARA YG MEMBUTUHKAN TENAGA AKUNTAN YG..LOYAL DAN BERTANGGUNG JAWAB..

  29. Ekarina said

    bu…toLong donk…sebutin minimal 50 yang termasuk dalam perkiraan neraca ???jg 50 yang termasuk dalam perkiraan laba rugi ????

  30. mamung said

    tolong dong bapak/ibu/sdr….
    kasih contoh2 transaksi di sebuah perusahaan (fiktif aja) yang mencakup semua tahap2 Siklus Akuntansi.
    Kirim dong ke email saya: ma.moeng@yahoo.co.id

    Makasih sebelumnya

  31. saniwati said

    tolong saya dikirimin perkiraan akutansi secara detail pada jurnal umum

  32. yuli said

    trims bgt . ulasan ini cukup membantu saya yg agak awam soal akuntasi.singkat tapi padat. tapi gini nih bu, saya kan bekerja di koperasi yg bergerak di bidang simpan pinjam,bisa dijelaskan kan ga tuk perkiraan dan siklus akuntasinya sama ? trims.

  33. yuli said

    trims bgt . ulasan ini cukup membantu saya yg agak awam soal akuntasi.singkat tapi padat. tapi gini nih bu, saya kan bekerja di koperasi yg bergerak di bidang simpan pinjam,bisa dijelaskan kan ga tuk perkiraan dan siklus akuntasinya sama ? trims.kalo bisa jwbane saya tunggu di email saya sriyulihandayani47@yahoo.co.id

  34. Popon said

    Bu minta tolong pengertian prive dong,dan apa saja (rekening)yang termasuk prive.tolong banget ya bu sblmny terima kasih.

  35. saepuddin zuhry said

    kenpa diperlukan rumus persamaan akuntansi

  36. saepuddin zuhry said

    kenpa diperlukan persamaan akuntansi…?

  37. Yulia said

    Bu…
    Yuli’ minta tolong… tampilkan lah contoh soal siklus akuntansi manufaktur mulai ari jurnal khusus sampai jurnal pembaliknya bu… penting bnget Nich, , , ,

  38. sebut kan macam-macam perkiraan .,.,minimal 100

  39. […] sumber : http://sdoriza.wordpress.com/2008/03/06/persamaan-perkiraan-dan-siklus-akuntansi/ […]

  40. murnia said

    bagaiman cara buat juranl neraca saldo nya setelah jurnal pengelompokan buku besar,…?

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: