Materi Penelitian Eksperimen

By: Shinta Doriza, S.Sos, M.S.E, M.Pd. (Dosen IKK-FT-UNJ)
Pertemuan: 26 Feb 08 

 
Experimental research is the most conclusive of scientific methods
(Fraenkel & Wallen, 1993) 

  Merupakan:

  • Penelitian yang paling produktif karena dapat menjawab hipotesis yang berkaitan dengan hubungan sebab akibat.
  • Penelitian yang menginginkan kepastian untuk memperoleh informasi tentang variabel mana yang menyebabkan sesuatu terjadi dan variabel yang memperoleh akibat dari terjadinya perubahan dalam suatu kondisi eksperimen

   

Prinsipnya:

  • Dapat didefinisikan sebagai metode sistematis guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat
  • Dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sesuatu jika dilakukan pada kondisi yang dikontrol dengan teliti maka apa yang akan terjadi

  

Variabel Penelitian Eksperimen

  • Sudah ditentukan secara tegas oleh para peneliti sejak awal penelitian
  • Terdiri dari:
    • Variabel Bebas (Independent Variable)
      • Merupakan variabel yang dimanipulasi secara sistematis
      • Contoh: metode mengajar, sarana prasarana pendidikan, lingkungan belajar, materi belajar, dll.
  • Variabel Terikat (Dependent Variable/Criterion Variable)
    • Merupakan var yang diukur sebagai akibat adanya manipulasi pada var bebasTergantung dari var bebas
    • Contoh: hasil belajar, kesiapan belajar, kemandirian siswa, dll.

  

Bentuk Penelitian Eksperimen

  • Penelitian Di dalam laboratorium
    • Dilakukan dalam ruangan tertutup untuk meningkatkan intensitas yang lebih teliti terhadap var yang diteliti
  • Penelitian Di luar laboratorium
    • Disebut penelitian lapangan
    • Untuk mendapatkan hasil penelitian yang mendekati dengan lingkungan nyata
    • Keuntungan:
      • Lebih mudah dalam memberikan perlakuan
      • Proses eksperimen dapat di setting mendekati keadaan sebenarnya
      • Hasilnya lebih aktual

  

Karakteristik Penelitian Eksperimen

  • Memanipulasi
    • Yaitu tindakan atau perlakuan yang dilakukan oleh seseorang peneliti atas dasar pertimbangan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka guna memperoleh perbedaan dampak dalam variabel terikat.
  • Mengontrol Variabel
    • Yaitu adanya kontrol yang secara sengaja dilakukan oleh peneliti terhadap var atau ubahan yang ada
    • Merupakan usaha peneliti untuk memindahkan var lain pada var terikat yang mungkin mempengaruhi penampilan var terebut
    • Tujuan: untuk memisahkan var luar yang tidak diperlukan tetapi memiliki potensi yang mungkin dapat mempengaruhi hasil pengukuran pada var terikat.
  • Melakukan observasi
    • Untuk melihat dan mencatat fenomena apa yang muncul yang memungkinkan terjadinya perbedaan diantara dua kelompok

  

Proses Penelitian Eksperimen

  • Melakukan kajian secara induktif
  • Mengidentifikasi permasalahan
  • Melakukan studi literatur, memformulasikan hipotesis penelitian, menentukan definisi operasional dan variabel
  • Membuat rencana penelitian
  • Melakukan eksperimen
  • Mengumpulkan data kasar dari proses eksperimen
  • Mengorganisasi dan mendeskripsikan data sesuai dengan var yang telah ditentukan
  • Melakukan analisis data dengan teknik statistik yang relevan
  • Membuat laporan penelitian eksperimen (Sukardi, 2007)

  

Tugas: 
Untuk jenis proses penelitian eksperimen lainnya, mohon ditulis dalam komentar pada halaman Penelitian Pendidikan. Tunjukkan sumber pustaka. 

Advertisements