PENELITIAN KORELASI

 

Oleh: Shinta Doriza, S.Sos., M.S.E., M.Pd. (Jurusan IKK-Fakultas Teknik-UNJ)

Correlational research is a research study that involves collecting data in order to determine whether and to what degree a relationship exists betewwen two or more quantifiable variables (Gay, 1982:430)

 

Korelasi merupakan salah satu metode penelitian secara kuantitatif asosiasi ataupun relasi satu variabel interval dengan variabel interval lainnya. Misalnya, melihat relasi hipotetikal antara lamanya waktu belajar dengan nilai ujian tinggi.

 

Korelasi diukur dengan suatu koefisien (r) yang mengindikasikan seberapa banyak relasi antar dua variabel. Daerah nilai yang mungkin adalah +1.00 sampai -1.00. Dengan +1.00 menyatakan hubungan yang sangat erat, sedangkan -1.00 menyatakan hubungan negatif yang erat.

 

Panduan untuk nilai korelasi tersebut :

+ atau - 0.80 hingga 1.00    korelasi sangat tinggi
         0.60 hingga 0.79    korelasi tinggi
         0.40 hingga 0.59    korelasi moderat
         0.20 hingga 0.39    korelasi rendah
         0.01 hingga 0.19    korelasi sangat rendah

 

“korelasi tidak menyatakan hubungan sebab-akibat”. Dari contoh di atas, korelasi hanya menyatakan bahwa ada relasi antara motivasi belajar dengan nilai ujian tinggi, namun bukan “motivasi belajar menyebabkan nilai ujian tinggi”.

 

Karakteristik penelitian korelasi sebagai berikut:

a.   penelitian korelasi tepat jika variable kompleks dan peneliti tidak mungkin melakukan manipulasi dan mengontrol variable seperti dalam penelitian eksperimen

b.   memungkinkan variable diukur secara intensif dalam setting (lingkungan) nyata

c.   memungkinkan peneliti mendapatkan derajat asosiasi yang signifikan

 

Daftar Pustaka

1.   James L Bonwditch dan Anthony F Buono. 2001. A Primer on Organizational Behavior, edisi kelima, John-Wiley and Sons, Inc.

2 .  Julia Brannen. 2000. Memadu Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.

3.   Gay, L.R. 1983. Educational Research Competencies for Analysis & Application 2nd Edition. Ohio: A Bell & Howell Company.

4.   Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan-Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Advertisements