Khusus Mahasiswa Pendalaman Metodologi Penelitian NR 2005

Semua tugas Kuliah PMP harap di kirim via email : sdoriza_pmetlit@yahoo.com

8 Comments »

  1. pandan hendri said

    Bereksperimen adalah mengadakan kegiatan percobaan untuk melihat sesuatu hasil. Tujuan eksperimen bukanlah pada pengumpulan dan deskripsi data melainkan pada penemuan faktor-faktor penyebab dan faktor-faktor akibat. 1
    Penelitian eksperimental banyak dikerjakan dalam perindustrian dengan tujuan untuk memperoleh produk baru atau memperluas bidang usaha. 2
    Penelitian eksperimen sangat sesuai untuk pengujian hipotesa tertentu dan dimaksudkan untuk menngetahui hubungan sebab akibat variable penelitian. Penelitian eksperimen mungkin dilakukan dilaboratorium, dikelas atau dilapangan. Eksperimen dapat dilakukan tanpa atau dengan kelompok pembanding ( control group ). 3
    Eksperimen adalah observasi dibawah kondisi buatan ( artifical condition ), dimana kondisi tersebut dibuat dan diatur oleh sipeneliti. Penelitian eksperimen ialah penelitian yang dilakukan dengan mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian serta adanya kontrol. Tujuan dari penelitian eksperimen adalah untuk menyelidiki ada tidaknya hubungan sebab akibat serta berapa besar hubungan sebab akibat tersebut dengan cara memberikan perlakuan – perlakuan tertentu pada beberapa kelompok eksperimen dan menyediakan kontrol untuk perbandingan. 4

    1Prof.Dr. Winarno Surachmad M.SC.Ed, Dasar Dan Tehnik Research Pengantar Metodologi Ilmiah, (Bandung : 1975), h. 142
    2Mukayat D. Brotowidjoyo, Metodologi Penelitian dan Penulisan Karangan Ilmiah, ( Yogyakarta : 1991), h.10
    3Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survai, ( PT. Pustaka LP3ES Indonesia, anggota IKAPI : 1995 ), h. 7
    4Moh. Nazir, Ph.D, Metode Penelitian, (Ghalia Indonesia : 1988), h. 74

  2. evi sulistya ningsih said

    Eksperimen merupakan salah satu metode penelitian yang dapat dipilih dan digunakan dalam penelitian pembelajaran pada latar kelas (PTK). Penelitian eksperimental dapat diartikan sebagai sebuah studi yang objektif, sistematis, dan terkontrol untuk memprediksi atau mengontrol fenomena. Penelitian eksperimen bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat (cause and effect relationship), dengan cara mengekspos satu atau lebih kelompok eksperimental dan satu atau lebih kondisi eksperimen. Hasilnya dibandingkan dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak dikenai perlakuan (Danim, 2OO2).

    Karakteristik Penelitian Eksperimen
    Danim (2002) menyebutkan beberapa karakteristik penelitian eksperimental, yaitu, (1)Variabel-veniabel penelitian dan kondisi eksperimental diatur secara tertib ketat (rigorous management), baik dengan menetapkan kontrol, memanipulasi langsung, maupun random (rambang). (2) Adanya kelompok kontrol sebagai data dasar (base line) untuk dibandingkan dengan kelompok eksperimental. (3) Penelitian ini memusatkan diri pada pengontrolan variansi, untuk memaksimalkan variansi variabel yang berkaitan dengan hipotesis penelitian, meminimalkan variansi variabel pengganggu yang mungkin mempengaruhi hasil eksperimen, tetapi tidak menjadi tujuan penelitian. Di samping itu, penelitian ini meminimalkan variansi kekeliruan, termasuk kekeliruan pengukuran. Untuk itu, sebaiknya pemilihan dan penentuan subjek, serta penempatan subjek dalarn kelompok-kelompok dilakukan secara acak. (4) Validitas internal (internal validity) mutlak diperlukan pada rancangan penelitian eksperimental, untuk mengetahui apakah manipulasi eksperimental yang dilakukan pada saat studi ini memang benar-benar menimbulkan perbedaan. (5) Validitas eksternalnya (external validity) berkaitan dengan bagaimana kerepresentatifan penemuan penelitian dan berkaitan pula dengan penggeneralisasian pada kondisi yang sama. (6) Semua variabel penting diusahakan konstan, kecuali variabel perlakuan yang secara sengaja dimanipulasikan atau dibiarkan bervariasi.

    daftar pustaka
    -Faisal,S. 1982.Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
    -Fuchan,A.2004.Pengantar Penelitian dalam Pemdidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

  3. Eva Septa Jwita said

    1. Survei adalah daya upaya yang di organisasi untuk menganalisis, menafsirkan, dan melaporkan atau keadaan suatu populasi,peristiwa alam, kontruksi benda-benda dan sebagainya.Yang tujuanya adalah untuk menemukan kelompok yang diklafikasikandan terintis, di presentasikan untuk bimbingan praktek di masa depan.
    Sumber : Dasar metodologi penelitian
    Dr. Jahja Qahar, alhaj
    jakarta 1993 hal 103
    2. Survei adalah Penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat penggumpulan data yang pokok
    Sumber : Metode penelitian survei
    Masri Efendi
    Jakarta Lp3Es 1989
    hal 203

  4. Eva Septa Juwita said

    Tugas ke 2. yang di berikan minggu lalu
    1. Survei adalah daya upaya yang di organisasi untuk menganalisis, menafsirkan, dan melaporkan atau keadaan suatu populasi,peristiwa alam, kontruksi benda-benda dan sebagainya.Yang tujuanya adalah untuk menemukan kelompok yang diklafikasikandan terintis, di presentasikan untuk bimbingan praktek di masa depan.
    Sumber : Dasar metodologi penelitian
    Dr. Jahja Qahar, alhaj
    jakarta 1993 hal 103
    2. Survei adalah Penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat penggumpulan data yang pokok
    Sumber : Metode penelitian survei
    Masri Efendi
    Jakarta Lp3Es 1989
    hal 203

  5. OKTA CENDANA PUTRI
    5525057096
    SI.TATA BUSANA NR 2005

    A.Tujuan Operasional Penelitian :
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data, fakta, dan informasi, yang valid dan dapat dipercaya tentang:
    1.Dalam penelitian ini adalah penyusutan kain katu dan kain katun strit.
    2.Dalam penelitian ini adalah proses pengeringan kain katun dan katun strit.
    3.Dalam penelitian ini adalah proses perubahan penyusutan saat basa dan perubahan penyusutan saat kering.
    Berdasarkan permasalahan yang ada, maka penelitian eksperimen ini bertujuan untuk memperoleh data tentang hasil penyusutan dengan kain katun dan katun strit yang diuji setelah proses pengeringan.
    Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui penyusutan kain katun dan katun strit terhadap pengujian pengeringan untuk perubahan penyusutan saat basa dan perubahan penyusutan saat kering.

    B.Tempat dan Waktu Penelitia :
    Penelitian untuk menguji penyusutan kain katun dan katun strit pada proses pengeringan dilakukan di Laboratorium Balai Penelitian Tekstil Dinas Perindustrian DKI Jakarta, JL Let Jen Suprapto Kav:3 Cempaka Putih Jakarta Pusat.
    Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2009.

    C.Metodologi Penelitian.
    Penelitian ini dilakuakan dengan menggunakan metode eksperimen.

    D.Alasan Memilih Tempat atau Lokasi.
    Alasan saya memilih lokasi di Laboratorium Balai Tekstil karena lebih menunjang untuk alat yang saya perlukan untuk meneliti skripsi saya ini.

  6. Eva Septa Juwita said

    Tugas PMP yang 3.

    BAB III
    METODOLOGI PENELITIAN

    A. Tujuan Penelitian

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa seberapa besar minat mahasiswa untuk berwirausaha khususnya jurusan Tata Busana.

    B. Tempat Penelitian
    Penelitian di laksanakan di lokasi kampus UNJ ( Univesitas Negeri Jakarta ) yang beralamat Jln. Rawamangun Muka, Jakarya (13220 ) tepatnya di gedung H.
    Pelaksanaan penetian akan di lakukan pada semester genap tahun akademik 2009

    C. Metode Penelitian

    Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan kata gori korelasi. Menurut Whitney ( 1960 ) metode deskriptis adalah menceritakan fakta dengan interprestasi yang tepat.
    Metode deskriptif adalah suatu metode dalam penelitian struktur sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu peristiwa pada masa sekarang.
    Dalam metode deskriptif penelitian dapat membandingkan fenomena – fenomena tertentu.

    D. Alasan memilih tempat atau lokasi
    Alasanya: karena penulis ingin mengetahui seberapa besar minat mahasiswa UNJ khususnya tata busana untuk berwiraswasta maka penulis melaksanakan penelitian di kampus UNJ itu sendiri

  7. uswatun said

    bisa minta tolong dijelaskan perbedaan mendasar antara penelitian eksperimen dan penelitian tindakan kelas?
    dan tolong dijelaskan mengenai penelitian quasi eksperimen..terimakasih mohon balasannya

    • sdoriza said

      Secara umum baik penelitian eksperimen maupun penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian dengan ciri adanya perlakuan (treatment). Perbedaannya, penelitian eksperimen biasa dilakukan di dalam laboratorium dan untuk penelitian eksak, sedangkan penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelas dan untuk penelitian sosial. Selain itu, penelitian eksperimen dapat dikatakan bahwa tujuan peneliti hanya untuk melihat hasil terhadap treatmen yang dilakukan (apa yang terjadi) sedangkan penelitian tindakan kelas hasilnya digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas menjadi lebih baik hasilnya.
      Semoga membantu dan salam kenal…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: